Jumat, 24 Mei 2013

tips-tips menjadi pemimpin kelompok/organisasi

Halo semuanya........

Pada postingan kali ini saya akan membagikan beberapa tips-tips untuk menjadi pemimpin yang baik dalam sebuah organisasi atau dalam sebuah kelompok belajar atau dalam sebuah kelompok kerja DLL....

Tips-tips di bawah ini sudah teruji oleh saya sendiri dan oleh beberapa teman saya(maklumlah karena tips-tips ini saya buat sendiri). berikut tips-tipsnya:

1. Percaya diri menghadapi segala persoalan
    Percaya diri jelaslah paling penting ketika anda menjadi pemimpin. Dan anda haruslah punya itu ketika anda menghadapi masalah dalam kelompok seperti ketika salah satu anggota kelompok anda absen di hari yang penting bagi kelompok anda,beberapa anggota saling ribut satu sama lain,jadwal kegiatan kelompok kacau,atau bahkan ada anggota anda yang membangkang terhadap komando anda. Semua itu dapat diatasi asalkan anda punya yang namanya PERCAYA DIRI.


2. Berani menghadapi tantangan baru
    Ketika kelompok anda mendapat tugas atau mempunyai tugas utama yang anda kurang tahu atau tidak pernah anda lakukan sebelumnya,janganlah TAKUT menjalaninya. Bila anda takut menjalaninya berarti anda ssudah gagal melakukannya sebelum anda mulai berusaha melakukannya.

3.Pandai-pandailah dalam mengatur jadwal kegiatan
   Jadwal kegiatan itu adalah sesuatu yang paling tidak mungkin tidak ada dalam kelompok. Dan jadwal kegiatan itu layaknya sistem operasi dalam komputer. Bila sistem operasinya kurang baik maka kerja komputer juga kurang baik. Sama dengan jadwal kegiatan,bila jadwal kegiatan kurang baik maka kerja kelompok juga kurang baik. Maka itu pandai-pandailah dalam mengaturnya.

4.Anti-kekerasan terhadap anggota
   Kenapa anti-kekerasan? Karena anggota anda adalah manusia,manusia punya otak,dan tahu jika dia disakiti maka dia harus mempertahankan diri atau malah menyerang balik. Jadi,usahakan segala sesuatu dalam kelompok diselesaikan dengan damai.

5,Bersikap sopan dan elegan
   Ketika menjadi pemimpin,bersikaplah sopan dan elegan terhadap anggota anda. Hal ini dimaksudkan agar anggota anda dapat menghormati anda dengan tulus seraya menganggap anda pemimpin yang bersikap baik.

6.Pandai-pandailah membagi tugas
   Jika anda mau dipandang sebagai pemimpin kelompok yang adil,anda haruslah membagi tugas sesuai dengan kemampuan mereka,dan jangan sesuai dengan pilihan mereka. Itu dikarenakan bila pilihan mereka salah,maka yang akan menerima dampak negatifnya adalah seluruh anggota kelompok anda!(untuk yang satu ini,anda harus mengenal secara dalam kemampuan anggota-anggota anda terlebih dahulu)

7.Jadilah Motivator sekaligus pemimpin kelompok
   Selain anda menjadi pemimpin bagi anggota anda,ada baiknya anda juga menjadi motivator bagi mereka. Cara paling sederhana misalnya mengatakan kepada mereka kalimat-kalimat penyemangat atau mengatakan kepada mereka bahwa kinerja mereka sangat diperlukan bagi kelompok,DLL(silakan cari sendiri)

Dan yang terakhir dan yang paling penting menurut saya:
8.Bertanggung jawab atas anggota
   Inilah tips saya yang paling penting! Bertanggung jawab! Apapun yang anggota anda lakukan di saat jam kegiatan kelompok(baik yang merugikan atau tidak)harus anda pertanggungjawabkan! Dan,apabila anggota anda melakukan kesalahan terhadap orang lain yang bukan anggota kelompok anda di jam kegiatan kelompok,andalah yang sebaiknya harus BERTANGGUNG JAWAB. Kenapa? Karena sebagai pemimpin kelompok anak buah anda/anggota anda berada di bawah pimpinan anda. Dan  seorang pemimpin harus bertanggung jawab atas anggotanya selama masa kepemimpinannya.

Sekian tips-tips menjadi ketua kelompok atau pemimpin kelompok yang baik. Semoga anda puas dengan ini dan mungkin dapat menjadi ketua kelompok/organisasi yang baik bagi kelompok anda....Tetapi bila tips-tips diatas kurang berhasil,maka janganlah anda marah sama saya....TERIMA KASIH!

3 komentar :

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !