Sabtu, 29 Juni 2013

7 Fakta Simpel yang belum tentu anda tahu !

Halo semuanya...

Untuk postingan terakhir bulan Juni ini saya akan memposting 7 fakta-fakta yang mungkin belum anda ketahui. Sebenarnya postingan ini hampir sama dengan serial fakta Simpel lainnya,namun ada sedikit perbedaan di dalam Postingan yang satu ini..Selamat membaca !

1. Alfabet ABCD dan seterusnya  yang kita pakai sekarang berasal dari bangsa Funisia

   Sekitar 2.500 tahun yang lalu,bangsa Fenisia telah membuat hubungan perdagangan dengan    bangsa-bangsa lain di Timur tengah. Jadi,untuk mempermudah komunikasi antara mereka dengan bangsa lain,mereka membuat kumpulan huruf-huruf resmi yang disebut abjad Fenisia. Abjad ini lalu tersebar sampai ke daerah Yunani dimana akhirnya disana orang Yunani mengubahnya menjadi Abjad Yunani dan akhirnya bangsa Romawi menggunakannya untuk menuliskan huruf-huruf Latin.


2. Perlombaan Marathon bermula dari Yunani kuno
Ilustrasi Pertempuran Marathon

    Jadi,antara tahun 492-490 SM bangsa Persia menginvasi bangsa Yunani. Awalnya bangsa Persia menunjukkan perkembangan yang baik dalam invasi ini,namun pada tahun 490 SM,bangsa Yunani berhasil memenangkan pertempuran melawan bangsa Persia di dekat sebuah kota Yunani bernama Marathon. Lalu,untuk mengenang kemenangan bangsa Yunani di kota Marathon,bangsa Yunani membuat sebuah perlombaan lari jarak jauh yang dinamai Marathon(yang sekaligus untuk mengenang prajurit-prajurit yunani yang berlari dari Marathon ke Athena untuk melawan serangan Persia di kota itu).

3. Ilalang berbeda dengan alang-alang !
Ilalang
Alang-alang












     Banyak orang sering salah sebut atau salah lihat bila melihat kedua tanaman ini. Ada yang bilang itu ilalang padahal itu alang-alang,dan juga sebaliknya. Ada juga yang bilang Alang-alang dan Ilalang itu sama saja. Sebenarnya,mereka berdua ini serupa tapi tak sama.

Berikut beberapa hal yang membedakan Ilalang dengan Alang-alang:
- Ilalang bunganya berwarna kuning kecoklatan,sedangkan Alang-alang bunganya berwarna putih.
- Tekstur bunga Ilalang lebih kasar daripada Tekstur bunga Alang-alang.

4. Kaki seribu kakinya tidak benar-benar berjumlah seribu !

    Walau bernama Kaki seribu belum tentu hewan ini berkaki seribu,pembaca sekalian ! Sebenarnya jumlah kaki serangga yang satu ini tidak dapat dipastikan secara akurat,namun kaki seribu diketahui memiliki puluhan segmen/ruas yang terdapat di seluruh tubuhya. Jumlah segmen di Kaki seribu kira-kira 25-100 segmen
(bisa lebih banyak ataupun lebih sedikit tergantung jenisnya).



5.  Kutub medan magnet bumi bergeser sebesar 25 mil setiap tahunnya

     Mungkin ini sulit dipercaya,tapi para ilmuwan telah menemukan bahwa kutub medan magnet bumi bergerak 25 mil atau 40 kilometer setiap tahunnya. Menurut hasil pengamatan ilmuwan,kutub utara medan magnet Bumi telah bergerak kira-kira sejauh 700 mil sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1831.




6. Setiap tahun sekitar 500.000 gempa terjadi di Bumi
  
Meskipun jumlah gempa yang terjadi ini terdengar aneh,tapi memang benar adanya. Para ilmuwan seismolog juga telah membuktikan bahwa dari jumlah tersebut hanya 100.000 yang bisa dirasakan manusia dan hanya 100 yang dapat menimbulkan kerusakan.





7. Gunung tertinggi bukan Everest !

    Memang bila diukur dari permukaan laut Everest adalah gunung  tertinggi di muka Bumi. Tetapi bila diukur dari dasar laut ada sebuah gunung yang lebih tinggi lagi ! Namanya adalah Mauna Kea. Gunung ini terletak di Hawaii. Dan tinggi gunung Mauna Kea bila diukur dari dasar laut adalah 10.000 M ! Lebih tinggi sekitar 2.000 M daripada gunung Everest.




Sekian dari saya untuk bulan Juni ini dan saya ucapkan terimakasih karena telah mengunjungi Blog saya ! Sampai jumpa bulan depan !

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !