Senin, 03 Juni 2013

Sebuah cerita sederhana 5

    Bambu-bambu

    Pada zaman dahulu di suatu desa,terdapatlah tiga orang kawan yang sudah berkawan sejak kecil. Mereka bernama Joko,Wijoyo,dan Arif. Ketika mereka sudah beranjak dewasa,mereka sepakat untuk bersama-sama pergi mencari kekayaan dan kemakmuran di sebuah kota besar yang terletak jauh dari desa tempat tinggal mereka.

    Dalam perjalanan ke kota mereka bertemu dengan seorang penjual buluh-buluh bambu. Kemudian,terjadilah percakapan antara mereka bertiga dengan si penjual bambu.


"Pak,belilah bambu saya. Saya jamin itu akan membantu perjalanan anda!"Kata si penjual

"Maksud anda?"tanya Joko

"Nanti akan ada suatu halangan dalam perjalanan anda. Dan,nantinya bambu-bambu ini akan berguna dalam mengatasi halangan tersebut,"Jawab si penjual.

"Dan halangan apakah itu pak?"Tanya Wijoyo.

"Nanti kalian akan tahu sendiri."

"Haruskah kita membeli bambu-bambu itu?"Tanya Joko.

"Jangan,paling-paling dia mencoba menipu kita agar dapat menjual bambu-bambunya!"Jawab Wijoyo.

"Sudahlah,kita beli bambunya saja. Lagipula apa salahnya sih? Siapa tahu perkataan penjual itu benar,"Kata Arif.

    Akhirnya mereka membeli bambu-bambu tersebut sebanyak 3 bambu. Masing-masing mendapat satu. Tetapi di perjalanan Joko merasa tidak perlu terhadap bambunya dan kemudian ia membuangnya. Sedangkan karena merasa keberatan,maka Wijoyo memotong bambunya sehingga menjadi lebih pendek dan tentunya lebih ringan. Tetapi Arif masih percaya kata-kata si penjual sehingga ia tidak membuang ataupun memotong bambunya.

Beberapa saat kemudian,ketiga kawan itu menemui sebuah sungai yang lebar. Akhirnya, setelah melihat sunga itu mereka bertiga sadar akan kegunaan bambu ini yaitu untuk membantu mereka menyeberang sungai. Joko dan Wijoyo langsung terperanjat karena bambu-bambu mereka sudah tidak dapat lagi menolong mereka menyeberang sungai. Bagaimana dengan Arif ? Dia langsung dapat menyeberang sungai tanpa dengan meniti bambu itu tanpa masalah sama sekali...

TAMAT

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !