Sabtu, 27 Juli 2013

hormon-hormon pada tumbuhan

Halo semuanya...

    Mungkin Anda sudah tahu bahwa manusia mempunyai berbagai macam hormon,seperti hormon Estrogen,Testosteron,Progesteron,Dll.... Namun kali ini Admin tidak akan memposting tentang hormon pada manusia. Yang akan admin posting adalah tentang hormon pada tumbuhan. Sama seperti manusia,tumbuhan mempunyai bermacam-macam hormon. Bagi pembaca yang masih bersekolah di Sekolah menengah pertama pastinya sudah atau akan mempelajari hormon-hormon pada tumbuhan. Oke,selamat membaca !

1. Hormon Auksin
  Hormon ini merupakan hormon yang pertama kali ditemukan oleh para ahli. Hormon ini ditemukan oleh seorang ahli botani belanda bernama August Ferdinand Went. Hormon ini mempunyai beberapa fungsi,salah satuya yaitu mempercepat pertumbuhan akar maupun batang,memacu pemasakan buah,dan membantu dalam proses pembelahan sel dalam tumbuhan. Hormon ini bekerja dengan cepat bila tumbuhannya tidak terlalu disinari oleh sinar matahari. Pada jaman sekarang para ahli telah berhasil menciptakan hormon Auksin sintetis(tiruan) yang dapat dipasarkan secara komersial di pasar pertanian.

2. Hormon Giberelin
   Hormon ini pertama kali ditemukan pada tahun 1926,dan hormon ini ditemukan oleh seorang ilmuwan jepang bernama Eiichi Kurosawa. Hormon ini mempunyai beberapa fungsi yaitu merangsang pemanjangan batang,pembelahan sel,perkecambahan,dan juga merangsang pembentukan buah. Nama lain hormon ini yaitu asam giberelat.

3. Hormon Sitokinin
   Hormon ini ditemukan pertama kali oleh Folke Skoog pada tahun 1940-an. Hormon ini berfungsi untuk merangsang pembelahan sel,merangsang pembentukan tunas batang,dan menghambat kerusakan klorofil pada daun gugur.

Catatan Jenius : Ketiga hormon diatas(Auksin,Giberelin,dan Sitokinin) saling bersinergi satu sama lain dalam melakukan fungsi-fungsi mereka di dalam tumbuhan.

4. Asam Absisat
   Hormon ini ditemukan oleh Frederick Addicott pada 1963. Hormon ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan(dormansi),menutup stomata pada daun pada saat tumbuhan kekurangan air,dan menghentikan pertumbuhan tumbuhan pada saat musim dingin dan gugur. Hormon ini sekarang telah dibuat biosintetisnya.

Sekian dan Terimakasih... 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !