Jumat, 19 Juli 2013

Konstantinopel,sebuah ibukota yang megah bagi 4 kekaisaran

Halo semuanya...

    Di judul postingan ini saya menyebutkan bahwa kota Konstantinopel merupakan sebuah ibukota bagi 4 kekaisaran. Wah,wah,cukup banyak ya ! salah satunya yaitu Kekaisaran Romawi Timur,dan juga Kekaisaran Utsmaniyah. Selain itu kota ini merupakan salah satu kota termakmur pada masanya. Bila anda ingin mengetahui tentang sejarah dan berbagai fakta menarik tentang kota ini,silakan membaca kelanjutan postingan ini dibawah...


Sejarah singkat Kota Konstantinopel
Kaisar Konstantinus I
     Konstantinopel pada mulanya merupakan sebuah kota yang dibuat oleh Kaisar Konstantine I selama enam tahun dari seluruh masa pemerintahannya. Nama Konstantinopel tentunya berasal dari namanya sendiri yaitu Konstantinus.  Lalu ia secara resmi meresmikan kota itu pada tahun 330M. Kota itu sebenarnya didirikan diatas sebuah situs kota lain bernama kota Bizantium.Konon,kaisar Konstantinus I mengirimkan ransum makanan sebanyak 80.000 ransum per hari ke Konstantinopel dan didistribusikan ke seluruh bagian kota setiap harinya.
Hagia Sophia

    Sejarah kemudian berlanjut..Kekaisaran romawi terpecah menjadi 2 pada pada masa pemerintahan anak kaisar Konstantinus,yaitu Konstantinus II. Lalu karena Konstantinopel terletak di daerah K.Romawi Timur,maka dijadikanlah ibukota bagi kekaisaran itu. Selama masa K.Romawi Timur,dibangunlah sebuah gereja Kristen Ortodoks Timur yang bernama Hagia Sofia.




    Sejarah kembali berlanjut...Pada masa perang salib Konstantinopel menjadi tempat yang penting bagi Pasukan salib karena letak kota tersebut dekat dengan daerah yang menjadi tempat penyebrangan pasukan salib dari Eropa ke Asia Kecil. Pada saat itu Konstantinopel masih merupakan Ibukota kekaisaran Romawi Timur.

    Namun,pada perang salib keempat,pasukan salib mendirikan sebuah kekaisaran yang disebut kekaisaran Latin,yang juga ber-ibukota Konstantinopel(Sayangnya kekaisaran tersebut bubar pada tahun 1261).
Mehmet II

    Sejarah kembali lagi berlanjut.....Pada tahun 1453,Sultan Kekaisaran Ottoman/Utsmaniyah menaklukkan Konstantinopel. Lalu Kota itu dijadikannya sebagai Ibukota kekaisaran Utsmaniyah sampai pada tahun 1923(Setelah itu daerah kekuasaan Ottoman bertransformasi menjadi Republik Turki). Dan juga Basilika Hagia Sophia diubah menjadi Masjid.






    Dari sejarah singkat diatas kita bisa mengetahui bahwa Konstantinopel merupakan ibukota bagi empat Kekaisaran,yaitu Kekaisaran Romawi,Romawi Timur,Latin,dan Utsmaniyah/Ottoman. Pada jaman Modern ini,Konstantinopel tentunya masih ada,namun sudah berganti wajah dan nama menjadi Istanbul,ibukota negara Turki. Ada banyak fakta-fakta menarik seputar kota Konstantinopel. Beberapa fakta menarik itu misalnya :

1. Sultan Mehmet II menamai pasukan spesialnya yang digunakannya ketika menyerang Konstantinople dengan nama Janissary.

2. Arsitektur Basilika Hagia Sophia begitu megahnya sampai-sampai sekarang dijadikan museum sejarah oleh Pemerintah Turki pada tahun 1935.

3. Jauh dari pusat konflik perang salib,para bangsa Viking,sudah tahu tentang kemegahan kota Konstantinopel dan juga kekayaan yang berada di dalamnya. Namun mereka tahu kalau pertahanan kota hampir tidak mungkin ditembus. Maka dari itu,agar dapat menikmati kota Konstantinopel,mereka mengadakan perjanjian dagang dengan kaisar Romawi Timur agar mereka dapat berdagang dengan Konstantinopel dan menikmati uang hasil jual beli di kota itu.

4. Pertahanan Konstantinopel hampir tidak dapat ditembus dikarenakan tembok kotanya yang sangat tebal,lalu juga karena pemasangan rantai dan jangkar besi di pelabuhannya yang mencegah kapal musuh untuk merapat ke dalam pelabuhan kota,dan juga arsitektur kotanya yang rumit.

5. Setelah Konstantinopel jatuh ke tangan Ottoman,para pedagang rempah di Eropa kesulitan untuk mendapat rempah-rempah. Oleh karena itu,untuk mencegah krisis rempah di Eropa,bangsa Portugis berusaha menemukan jalur laut yang dapat menuju Asia,dan akhirnya ditemukan juga berkat Vasco da Gama dan Bartolomeo Diaz(Jalur laut ke India,dan akhirnya Portugis menemukan Indonesia juga!).

Sekian postingan saya kali ini dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan dan ejaan ataupun dalam isi posting. TERIMA KASIH...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !