Jumat, 23 Agustus 2013

Opini : Bus Transjakarta

Halo semuanya...

    Pada seri Opini kali ini,saya akan membahas mengenai Bus Transjakarta. Bagi orang-orang yang tinggal di Jakarta tentunya sudah sering sekali mendengar nama sarana transportasi umum yang satu ini. Sarana transportasi umum ini kerap kali disebut masyarakat Jakarta sebagai Busway(padahal Bus way itu nama jalurnya).


    Bus Transjakarta sampai saat ini mempunyai 12 Koridor utama,yaitu :
    1. Koridor I (Blok M-Kota)
    2. Koridor II ( Pulo Gadung-Harmoni)
    3. Koridor III (Kalideres-Harmoni)
    4. Koridor IV ( Pulo Gadung-Dukuh Atas)
    5. Koridor V (Ancol-KP.Melayu)
    6. Koridor VI (Dukuh Atas-Ragunan)
    7. Koridor VII ( KP.Melayu-KP.Rambutan)
    8. Koridor VIII ( Lebak Bulus-Harmoni)
    9. Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit)
   10. Koridor X ( Tanjung Priok-Cililitan)
   11. Koridor XI (KP.Melayu-Pulo Gebang)
   12. Koridor XII (Pluit-Tanjung Priok)

    Dari ke-12 belas Koridor itu,saya sudah menjelajahi lebih dari separuhnya. Dan saya sangat takjub sekali,bukan akan kenyamanan yang diberikan oleh transportasi umum itu,tetapi oleh Ketidaknyamanan yang diberikan oleh transportasi umum tersebut. Bayangkan saja,AC yang kadang menyala kadang tidak,pintu yang sering berdecit-decit,Jumlah armada yang kurang memadai,dan lain sebagainya.

    Akibat dari ketidaknyamanan tersebut adalah ya tentu saja penurunan jumlah penumpang. Mengapa ? Karena kita semuanya cenderung ingin mendapatkan segala kenyamanan menggunakan fasilitas umum yang telah disediakan pemerintah. Tapi jangan kira saya menganggap bahwa masyarakat punya ego yang tinggi !

dampak dari kurangnya armada Bus Transjakarta
    Maksud saya adalah,penurunan jumlah penumpang Bus Transjakarta disebabkan oleh ketidaknyamanan fasilitas yang ada di dalam Busnya maupun di halte-haltenya. Yang berarti akan membuat orang enggan menggunakan Bus Transjakarta karena dinilai tidak nyaman dan beralih menggunakan kendaraan pribadi lagi.

    Padahal,kita semua,bahkan Pemprov DKI,sudah tahu,bahwa Jakarta itu kota yang penuh kemacetan,sehingga banyak warga Jakarta yang menderita karena kemacetan tersebut. Masak Pemprov DKI tega lebih menyiksa warganya sendiri dengan cara tidak mempedulikan Bus Transjakarta ? Pastinya tidak kan..

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso
    Seperti yang kita sudah tahu,Bus Transjakarta ini kan merupakan sebuah sarana transportasi yang telah di operasikan di Jakarta sejak tahun 2005 oleh Mantan Gubernur kita Sutiyoso. Yang saya bingung adalah,sudah hampir 1 dekade Pemprov DKI mempunyai sarana transportasi ini,namun sudah hampir 1 dekade juga pelayanannya tidak juga memuaskan seluruh penggunanya.

    Padahal,APBD Pemprov DKI itu besar,mencapai trilyunan lebih ! 1 M saja sudah bisa memperbaiki banyak Bus,apalagi 1 Trilyun. Lantas,dikemanakan APBD kita dulu selama masa-masa FOKE ?

   Terus terang,manajemen Bus Transjakarta sekarang sudah hampir sama seperti Kopaja dan Metromini,kurang baik... Buktinya yaitu ketika saya sedang berkeliling Jakarta,saya berangkat dari Pinang Ranti. Dan kemudian saya mendengar dari petugas bahwa Bus Transjakarta yang melayani Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit) pada hari itu hanyalah 10 BUS !! Bayangkan,untuk jarak 28,8 KM hanya disediakan 10 BUS !

    Itu baru Busnya,belum petugas-petugasnya. Seringkali saya mendengar banyak petugas yang lupa untuk menyebutkan nama-nama halte,ada yang lupa menyebutkan halte mana yang untuk transit ke mana,ada juga yang tidak terlalu peduli dengan keselamatan penumpang Bus Transjakarta.

Bus Transjakarta Koridor I yang baru
    Untunglah,sekarang gubernur kita Pak Jokowi dan wakilnya Pak Ahok sudah mulai memperbaiki Bus Transjakarta. Buktinya sekarang Bus Transjakarta di Koridor I sudah tergolong nyaman bagi para penggunanya.
Jadinya sekarang banyak warga Jakarta yang kembali memakai Bus Transjakarta.

    Harapan saya adalah nantinya di masa depan Bus Transjakarta sudah benar-benar memberikan kenyamanan bagi seluruh warga Jakarta sehingga warga Jakarta menjadi lebih sering memakai Bus Transjakarta daripada kendaraan pribadi...

Bila anda punya pertanyaan tentang Bus Transjakarta dan ingin tahu lebih banyak informasi tentang Bus Transjakarta silakan akses situs resmi Bus Transjakarta di link berikut : http://www.transjakarta.co.id/

Sekian Opini kali ini dan terimakasih...


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !