Minggu, 04 Agustus 2013

Raksasa bawah air purba yang menakjubkan

Halo semuanya...

Dari judulnya saja sudah dapat anda lihat bahwa postingan kali ini akan khusus membahas tentang makhluk bawah air di jaman purba...

Eeeits ! tunggu dulu !

    Makhluk ini bukan sekadar ikan ataupun mamalia bawah air biasa(walau sebenarnya makhluk ini adalah ikan !). Makhluk ini adalah makhluk yang besarnya hampir sebesar Paus Biru,dan juga memakan Plankton-Plankton seperti Paus Biru.

 Tapi apakah makhluk ini adalah sejenis paus ? Tentu Tidak !


    Makhluk ini adalah ikan yang bernama Leedsichthys. Ikan ini fosilnya pertama kali ditemukan oleh seorang petani bernama Alfred Nicholson Leeds pada tahun 1880-an di sebuah tempat yang dekat dengan kota Peterborough,Inggris. Lalu pada tahun 1886 fosil-fosil itu diinspeksi oleh John Whitaker Hulke. Pada tahun 1887,John mengambil kesimpulan bahwa fosil-fosil itu adalah fosil dari dinosaurus dari keluarga Stegosaurian.

    Tetapi kemudian pada tahun  1888,fosil-fosil itu diperiksa kembali oleh seorang ahli fosil ternama,Othniel Charles Marsh,dan lalu fosil-fosil tersebut diketahui ternyata adalah fosil ikan raksasa purba dan bukan Stegosaurian. Kemudian dalam waktu dua minggu seorang ahli ikan Inggris bernama  Arthur Smith Woodward mulai membuat data resmi mengenai spesimen ikan purba yang baru ini. Ikan ini kemudian dinamai Leedsichthys olehnya. Leedsichthys sebenarnya berarti"ikan Leed"(dan nama ikan ini diambil dari bahasa Yunani).

   
    Setelah beberapa tahun ditemukanlah fosil-fosil serupa di berbagai tempat di Eropa. Misalnya di Jerman Utara,Chili,dan tentu saja di Inggris.
 
Data-data umum Leedsichthys :

Nama ilmiah    : Leedsichthys Problematicus
Masa hidup      : Pertengahan Jurasik-akhir Cretaceous
Makanan          : Plankton,ubur-ubur,udang.
Perbandingan ukuran Leedsichthys dengan penyelam dewasa
Ukuran badan  : Maks.16 Meter(perkiraan).
Musuh alami    : Liopleurodon,Hiu Hybodus,DLL...









Fakta Jenius :
- Leedsichthys adalah ikan terbesar pada periode Jurasik sampai pada periode Cretaceous.
- Begitu sedikitnya fakta mengenai Leedsichthys disebabkan karena fosil-fosil yang ditemukan hanya berupa fragmen-fragmen dari ikan itu.(Artinya fosil utuh ikan ini belum pernah ditemukan).
-Nama "Problematicus" mungkin berasal dari masalah yang dihadapi para ilmuwan dalam menemukan informasi lebih mengenai kehidupan ikan ini(menurut pemikiran saya).

     Demikian postingan saya kali ini dan mohon maaf bila ada kesalahan informasi dan pengejaan kata. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi website ilmu pengetahuan seperti Wikipedia.TERIMA KASIH...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !