Selasa, 06 Agustus 2013

Sebuah cerita sederhana 8


 Ulangan Dadakan

    Pada siang itu satu kelas 7.C Dibuat kaget oleh Pak Iman. Guru laki-laki itu dengan lantangnya berkata kepada seluruh anggota kelas 7.C,"Hari ini bapak akan mengadakan ulangan bab 7 !"

    Lalu dengan rasa cemas Harry berkata pada pak Iman,"Lah,kami semua kan belum dikasitahu pak kalau hari ini ada ulangan. Ya berarti gak bisa dong pak ulangan diadakan !"


"Bisa aja. Ini kan ulangan dadakan,"Balas Pak Iman.

"Belajar dulu ya pak ?" Tanya Santi.

"Tidak. Maaf saja,tapi waktu kita terbatas !" Jawab Pak Iman.

    "Yaaahh !!" Seluruh murid di kelas 7.C langsung mengeluh sejadi-jadinya tatkala tidak diperbolehkan belajar dulu sebelum mengerjakan ulangan.

"Sudah,sudah. Ayo semuanya siapkan pulpen kalian !" Perintah Pak Iman.

    Segera setelah perintah dikumandangkan Pak Iman,para murid segera menyiapkan pulpen mereka dan kertas ulangan segera dibagikan. Dalam hati setiap murid,rasa kesal berkobar-kobar dengan panasnya. Kelas pun hening ketika ulangan dimulai.

    Tiba-tiba di dalam keheningan waktu ulangan Pak Iman berkata,"Bapak ada urusan penting di ruang guru,jadi bapak pergi dulu sebentar."

    Selang beberapa waktu setelah Pak Iman pergi,Harry berkata kepada teman-teman,"Woi,kita nyontek buku aja bareng-bareng yuk ! Mumpung Pak Iman lagi pergi !"

"Loe gila ya ?! Ntar kalo ketahuan gimana tuh ?" Kata Ardi.

"Iye bener tuh si Ardi,ntar kalo ketahuan kan jadi repot nanti !" Kata Nadya.

    "Udah,mana mungkin ketahuan. Kan Pak Iman lagi ke ruang guru,jadi gak mungkin dong dia bisa ngawasin kelas ini sekaligus ngurusin urusannya di ruang guru !"Seru Harry dengan penuh percaya diri.

"Iya sih,benar juga. Oke deh,gua nyontek buku aja. Daripada gua dapat nilai jelek !"Kata Ardi.

    Akhirnya banyak murid 7.C yang menyontek jawaban dari buku. Namun,disaat banyak anak yang menyontek di kelas 7.C,ketiga sekawan Jojo,Mudin,dan Andre sama sekali tidak membuka buku pelajaran. Mereka malahan asyik mengerjakan soal-soal ulangan masing-masing.

    Melihat ketiga sekawan yang sama sekali tidak lihat buku,Harry lalu bertanya kepada mereka,"Wah,pinter juga loe semua,pada kagak ngeliat buku. Apa jangan-jangan loe pada                    kerjasama ?"

    "Eh,sembarangan loe ngomong ! Kita ini pada mengerjakan ulangan sendiri-sendiri tahu !" Jawab Andre.

    "Kita mah bodo amat dapat nilai jelek. Yang penting kagak nyontek dan kagak kerjasama !" Sambung Jojo.

"Dan kami semua  melakukan itu demi harga diri kita dan hati nurani kita !" Kata Andre.

    "Alah,sok gaya loe ! Ntar pas nilai jelek baru deh,loe semua bakal nyesel kagak ikutin cara gua !" Balas Harry.

"Udah,loe balik aja ke meja loe ! Nilai jelek juga nilainya kita bukan nilai loe,"Kata Mudin.

    Harry dengan kesalnya segera kembali ke mejanya dan kembali mengerjakan ulangan. Sementara itu ketiga sekawan benar-benar kecewa dengan tindakan 'mencontek massal' yang dilakukan oleh sahabat-sahabatnya. Tapi mereka bertiga segera melupakan itu sejenak dan kembali mengerjakan ulangan mereka sampai selesai.

    1 Jam kemudian,waktu ulangan sudah usai dan Pak Iman datang ke kelas untuk mulai mengumpulkan ulangan. Ketika sudah selesai mengumpulkan ulangan,ia berkata,"Bagi seluruh murid selain Jojo,Mudin,dan Andre akan dihukum sepulang sekolah dan ulangannya akan dinilai nol. Bapak sudah tahu bahwa selain dari mereka bertiga semuanya menyontek buku."

"Loh,kok bapak bisa tahu sih ?"Tanya Jeremi.

   "Ya iya dong ! Kan gak mungkin bapak meninggalkan kalian tanpa pengawasan. Makanya bapak minta guru lain untuk mengawasi kalian secara diam-diam dan melaporkan kepada bapak apa yang terjadi selama bapak pergi,"Jawab Pak Iman.

    Lalu Pak Iman berkata lagi,"Untuk Andre,Jojo,dan Mudin bapak ucapkan selamat karena kalian telah mengerjakan ulangan ini dengan jujur dan tidak menyontek ataupun bekerjasama."

    Seluruh murid di kelas 7.C terdiam. Sementara itu di dalam hati Andre,Jojo,dan Mudin  timbul rasa gembira karena tidak ikut-ikutan menyontek massal. Sementara itu juga di dalam hati Harry timbul rasa penyesalan yang mendalam karena telah menyontek.

TAMAT

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !