Jumat, 04 Oktober 2013

Opini : kemajuan dunia teknologi modern

Halo semuanya...

    Pastinya anda pernah berpikir,kalau semakin lama dunia ini semakin canggih,dan dunia ini lama kelamaan semakin nyaman karena segala pekerjaan yang berat dan sulit dilakukan manusia dapat dikerjakan oleh alat dan mesin-mesin mekanik dan juga robot.

    Tapi,pernahkah anda berpikir,kalau lama kelamaan ras manusia semakin 'manja' dari waktu  ke waktu ?


Berbagai macam hasil kemajuan teknologi di bumi
    Kehidupan kita,sebagai manusia,sekarang tidak sama lagi seperti pada abad-abad pertengahan. Dimana pada saat itu kita sebagai makhluk ciptaanNya yang tercerdas di bumi hampir harus bekerja keras dalam melakukan banyak pekerjaan. Sekarang,tidak ada lagi yang namanya kita membuat bangunan megah tanpa alat-alat berat dan mesin-mesin mekanik,seperti misalnya buldoser,truk,mesin pengaduk semen,mesin derek,dan lain-lain. Selain itu,alat-alat berat tersebut juga mempersingkat waktu membangun. Tidak seperti dijaman dulu dimana ketika kita ingin membangun bangunan megah seperti istana,kita harus mengerahkan tenaga kerja manusia yang tidak sedikit jumlahnya dan kita butuh waktu yang cukup atau bahkan sangat lama untuk menyelesaikan sebuah istana.

    Saya akui,kalau alat-alat berat dan mesin-mesin mekanik itu benar-benar berguna bagi manusia dan juga sungguh-sungguh membantu memajukan peradaban kita. Tetapi,sadarkah kita,kalau lama-lama hidup kita semakin terikat dengan alat dan mesin-mesin itu ?

Sadarkah kita,kalau lama-lama kita makin ingin  'dimanjakan' oleh alat dan mesin-mesin itu ?

    Manusia dengan segala kepintaran dan akal budinya seharusnya sadar akan bahaya tersembunyi dari alat-alat dan mesin-mesin itu...

    Sayangnya,di dalam kehidupan modern ini,manusia malah makin 'menyukai' alat dan mesin-mesin tersebut,terkadang bahkan  sampai pada poin dimana manusia merasa tidak berdaya bila alat-alat dan mesin-mesin tersebut tidak ada. Pemikiran ini JELAS-JELAS SALAH. Manusia jaman dahulu bisa bertahan hidup tanpa alat dan mesin-mesin itu,lalu mengapa kita berkata bahwa kita tidak bisa bertahan hidup tanpa mesin-mesin dan alat-alat itu ? Tentu saja BISA !

    Lebih ironis lagi, banyak sesama kita yang tidak menyadari bahaya tersembunyi dari alat-alat dan mesin-mesin tersebut, yang tak lain dan tak bukan adalah Melemahnya kemampuan fisik tubuh. Memang sih,masih banyak orang berotot dan juga masih banyak atlet yang kemampuan fisiknya sangat baik sekarang,tapi,bagaimana bila 50 tahun kedepan ? atau 100 ? atau 200 tahun kedepan ?

    bahaya tersembunyi ini efeknya tidak langsung dapat kita lihat,namun bahaya tersembunyi ini efeknya dapat kita lihat  pada generasi mendatang manusia. Menurut saya,kemungkinan besar,generasi mendatang akan menjadi lebih lemah fisiknya daripada generasi sekarang.

Anda pastinya sudah tahu tentang robot. Ya,sebuah benda mekanik yang pada dasarnya diciptakan untuk membantu manusia,namun mempunyai banyak kelebihan dibanding alat dan mesin mekanik biasa. Ketika melihat atau mendengar tentang kemajuan pesat dalam robot itu sendiri,baik dari segi desain maupun pemprogramannya,anda pastinya mendukung kemajuan itu dan mungkin juga segera ikut membantu memajukan dunia pembuatan robot.

Tetapi,sadarkah anda bahwa robot itu sendiri,mungkin,bisa membawa kehancuran peradaban manusia,bila mereka memperbaharui diri mereka sendiri sampai pada tingkatan dimana kita sebagai manusia tidak mampu menyaingi mereka ?

Tapi,kalau soal robot nantilah akan kita bahas....

    Kemajuan teknologi memang bagus,namun juga harus diimbangi dengan kemajuan akal budi dan hati nurani manusia,sehingga kita sebagai manusia tidak akan menghancurkan diri sendiri secara perlahan-lahan dengan kemajuan teknologi kita. Kita semua tidak mau kan,kalau generasi mendatang nanti fisiknya jauh lebih lemah daripada kita sekarang ? Dan kita tidak mau kan, kalau umat manusia nantinya akan punah karena kecerobohan kita sendiri dalam memajukan dan menggunakan teknologi kita ?


    Dan,sebelum Seri Opini kali ini berakhir,saya ingin berpesan bagi para pembaca untuk tidak selalu mengandalkan alat atau mesin dalam mengerjakan segala sesuatu. Bila anda bisa mengerjakan sesuatu dengan tubuh anda sendiri,mengapa harus memakai alat atau mesin ?

Sekian dan TERIMA KASIH...


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !