Kamis, 14 November 2013

Opini : "Busway Kick"

Halo semuanya...

Baru-baru ini ada sebuah hal yang benar-benar menarik bagi saya. Hal itu adalah tak lain dan tak bukan adalah "Busway Kick", sebuah hal yang akan menjadi topik Opini saya kali ini. Mengapa saya tertarik dengan hal ini ? Karena saya sendiri tidak pernah memikirkan kalau hal ini akan berlangsung di Jakarta (dan karena saya suka dengan inti hal itu sendiri).


Pak Daivi sedang melakukan aksi "Busway Kick"
Busway Kick adalah sebuah aksi yang baru-baru ini dicetuskan oleh seorang bapak-bapak pengguna transportasi umum Bus Transjakarta yang bernama Muhammad Daivi (62). Inti dari aksi ini yaitu adalah memberi 'hukuman' sosial kepada orang-orang yang berani menerobos jalur Busway.

Aksi ini tergolong cukup bagus menurut saya. Lihat saja,Pak Daivi  pada awalnya karena kesal karena para penerobos jalur itu, akhirnya berani mengolok-ngolok mereka dengan cara yang unik. Misalnya,mengacungkan jempol ke bawah sambil menunjukkan jempol itu ke si penerobos jalur,mengangkat sebelah kaki di pintu halte sambil menunjukkannya ke si penerobos,dan bahkan juga memfoto si penerobos itu !

Pertama kali saya tahu tentang "Busway Kick" ini,saya langsung tertawa gembira. Mengapa ?  Karena akhirnya ada juga orang yang berinisiatif untuk menegur para penerobos jalur Busway dengan cara yang lucu..Hahaha...

Berikut berita mengenai aksi "Busway Kick" tersebut :

video

 sumber berita : Youtube.com

Awalnya pak Daivi dianggap sebagai orang stress oleh para pengguna Bus Transjakarta lainnya. Namun akhirnya,ada banyak dari para pengguna tersebut yang mendukung aksi pak Daivi dan juga ikut melakukan aksi itu..(orang baik pasti selalu menang ! )

Sejujurnya saya sangat setuju dengan aksi "Busway Kick" ini. Karena selain si penerobos (mungkin) akan diberi sanksi hukum (bayar denda menerobos ), si penerobos juga akan terkena sanksi sosial, yang pastinya akan membuatnya malu ataupun kesal...dan (mungkin) akhirnya kapok dan tidak akan menerobos jalur Busway lagi.

Saran saya adalah, Pemprov DKI sebaiknya  membuat aksi-aksi seperti ini yang sama baiknya. Karena menurut saya sanksi sosial itu lebih ampuh daripada sanksi hukum.

Alamat FP Aksi "Busway Kick" : https://www.facebook.com/busway.kick?fref=ts

SEKIAN dan TERIMAKASIH...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !