Jumat, 11 April 2014

Motivasi Belajar Siswa-Siswi Jaman Sekarang

Halo semuanya...

Telah lama saya tidak memposting postingan di blog ini. Oleh karena itu saya mohon maaf kepada para pembaca yang terhormat. Saya berjanji pada anda semua bahwa mulai bulan saya akan terus memposting postingan di blog ini secara berkala ( setiap minggu akan ada postingan baru ).

Baiklah, selesai sudah pernyataan saya tentang ketidakhadiran saya di blog ini selama lebih dari 3 bulan. Saya harap anda memaafkan saya dan tetap setia mengunjungi blog saya...

Pada postingan kali ini, saya akan memposting mengenai motivasi belajar siswa-siswi jaman sekarang. Siswa-siswi yang saya maksud adalah siswa-siswi SD, SMP dan SMA di Indonesia.

Ternyata, setelah saya amati di lingkungan sekolah saya dan beberapa teman saya yang ada di sekolah lain, ada 5 motivasi belajar yang memotivasi siswa-siswi di Indonesia.
Sebenarnya masih ada banyak lagi sih, hanya saja kelima inilah yang saya anggap paling memotivasi     siswa-siswi di Indonesia.

Berikut adalah kelima motivasi tersebut...


1. Nasihat Orang Tua
    Sejak jaman pra-kemerdekaan, orangtua kita selalu menasihati kita untuk terus belajar dengan rajin. Mereka juga selalu berkata pada kita bahwa kita harus menggapai ilmu setinggi-tingginya. Tradisi nasihat ini terus berlanjut sampai sekarang di dalam keluarga Indonesia. Rupanya, meskipun anak bangsa Indonesia jaman sekarang tidak seperti anak bangsa Indonesia di jaman dahulu ( sangat patuh pada nasihat orangtua ), tetapi tetap saja nasihat orang tua secara ajaib mempunyai kekuatan untuk memotivasi anak bangsa Indonesia di jaman sekarang.

2. Cinta
    Berdasarkan pengamatan saya terhadap anak bangsa Indonesia di jaman sekarang, ternyata banyak dari mereka berusaha untuk menjadi juara kelas dengan cara belajar rajin karena rasa cinta mereka terhadap lawan jenis. Dari situ saya bisa menyimpulkan, bahwa cinta dapat memotivasi anak bangsa di Indonesia untuk belajar rajin dan menjadi juara.

3. Persaingan
    Akhir-akhir ini saya  merasa iri terhadap seorang teman saya. Saya juga merasa takut sekali terhadap seorang teman saya yang lainnya ( takut karena kepintarannya ). Kedua teman saya ini terkenal di kelas saya sebagai orang yang pintar. Saya sendiri juga dikenal sebagai orang yang pintar. Oleh karena itu saya akhirnya merasa tersaingi. Dan karena itu, saya sekarang mulai belajar dengan rajin secara berkala. Hal ini membuktikan bahwa perasaan tersaingi ( yang mengawali persaingan dan juga berkembang secara pesat di dalam persaingan ) dapat memotivasi anak bangsa Indonesia di jaman sekarang untuk belajar dengan rajin.

4. Ketenaran 
    Banyak anak bangsa Indonesia di jaman sekarang ingin menjadi terkenal. Tapi tidak semua dari mereka punya wajah yang ganteng atau cantik untuk menjadi artis cilik. Dan tidak semua dari mereka punya suara yang bagus untuk jadi penyanyi cilik yang bisa tampil di TV setiap hari. Oleh karena itu, mereka yang bermuka pas-pasan dan bersuara biasa saja akhirnya berusaha untuk menjadi terkenal dengan cara belajar rajin dan akhirnya menjadi juara di kelas ( dan lalu secara otomatis menjadi terkenal ). Dari hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa keinginan untuk menjadi tenar bisa memotivasi anak bangsa Indonesia di jaman sekarang untuk belajar rajin.

5. Nasionalisme 
    Nah, inilah yang menurut saya adalah 1 dari 2 motivasi belajar yang terbaik dari kelima ini ( bersama dengan nasihat orangtua ). Mengapa ? Karena di jaman modern ini persaingan global semakin kuat. Bila anak bangsa Indonesia di jaman sekarang tidak maju membela Indonesia dalam persaingan global, maka bisa dipastikan Indonesia akan menjadi negara yang lemah dan tidak bisa berdiri tegak di atas panggung persaingan global. Sayangnya, sekarang ini hanya sedikit anak bangsa Indonesia yang mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya semua anak bangsa Indonesia di jaman sekarang dimotivasi dengan rasa Nasionalisme pada Indonesia agar mau belajar rajin demi Indonesia.

Catatan jenius : Kelima motivasi ini hanya memotivasi anak bangsa Indonesia yang berumur diatas 7 atau 8 tahun ( kecuali mungkin Nasihat Orangtua).

Demikianlah postingan saya kali ini. Saya mohon maaf bila ada kesalahan dalam kata-kata ataupun dalam informasi yang diberikan di dalam postingan ini. SEKIAN dan TERIMA KASIH...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !