Sabtu, 21 Juni 2014

Konserto 4 Musim

Halo semuanya...

Antonio Lucio Vivaldi
Pada postingan kali ini, admin akan memposting mengenai Konserto 4 Musim. Sebenarnya, 4 Musim terdiri dari 4 konserto-konserto di dalamnya yang masing-masing memiliki nada dasar yang berbeda. 4 Musim dibuat oleh Antonio Lucio Vivaldi, seorang komposer musik klasik yang berasal dari Venesia. Ia lahir pada tahun 1678 dan meninggal pada tahun 1741.






Antonio Vivaldi mempublikasikan Konserto 4 Musim pada tahun 1725 dalam satu rangkaian dari 12 konserto lainnya yang diberi nama Il cimento dell'armonia e dell'inventione, atau dalam bahasa Indonesianya disebut sebagai Ujian Harmoni dan Penemuan.

Keempat konserto dalam 4 Musim mewakili keempat musim yang ada di Eropa. Keempat konserto tersebut juga mempunyai nada dasar masing-masing. Contohnya, Konserto Musim Semi mempunyai nada dasar E mayor, dan Konserto Musim Panas mempunyai nada dasar G minor.

Keempat konserto dalam 4 Musim masing-masing mempunyai bagian-bagiannya sendiri-sendiri. Masing-masing konserto mempunyai 3 bagian dengan masing-masing bagian mempunyai tempo sendiri-sendiri. Kecepatan tempo yang berbeda pada tiap bagian itulah yang menjadi salah satu esensi keindahan dalam Konserto 4 Musim.

Berikut adalah data-data dari keempat konserto dalam Konserto 4 Musim...


1. Konserto Musim Semi ( La Primavera )
    Nada dasar : E mayor
    Tempo-tempo : - Allegro     - Largo       - Allegro Pastorale




2. Konserto Musim Panas ( L'estate )
    Nada dasar : G minor
    Tempo-tempo : - Allegro non molto   - Adagio e piano-Presto e forte                              - Presto



3. Konserto Musim Gugur ( L'autunno )
    Nada dasar : F mayor
    Tempo-tempo : - Allegro      - Adagio molto      - Allegro





4. Konserto Musim Dingin ( L'inverno )
    Nada dasar : F minor
    Tempo-tempo : - Allegro non molto   - Largo    - Allegro




Saya secara pribadi menyukai Konserto Musim semi dan Musim Gugur. Dikarenakan oleh percampuran nada-nada yang begitu meriah didalam kedua konserto.

Bila anda ingin langsung mendengarkan Konserto 4 Musim yang sudah disebutkan diatas, maka saya sudah mempersiapkan musiknya dibawah ini :

Musim Semi

video

Musim Panas

video

Musim Gugur

video

Musim Dingin

video


Bila anda tertarik terhadap Konserto 4 Musim ini dan ingin memainkannya, maka anda dapat mendapatkan partitur-partitur musik ini secara gratis di sini :
- www.8note.com
- www.free-scores.com
- www.classical-scores.com

Demikian postingan saya kali ini. Saya mohon maaf bila ada kesalahan informasi atau kata-kata. Dan juga bila berkenan tolong beritahu saya bila ada satu dari 3 situs diatas yang tidak menyediakan lagi partitur musik diatas. SEKIAN dan TERIMAKASIH...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !