Sabtu, 21 Juni 2014

Michael Faraday : Jenius Tanpa Matematika

Halo Semuanya...

Pada postingan kali ini admin akan meposting tentang seorang ilmuwan terkenal, ia bernama Michael
Faraday. Saya secara khusus memilih untuk menampilkan Michael Faraday dalam postingan ini dikarenakan oleh keistimewaan dirinya yang tidak selalu dimiliki oleh ilmuwan-ilmuwan lainnya, yaitu adalah dia dapat menjadi jenius tanpa MATEMATIKA.

Michael Faraday
Michael Faraday lahir pada tanggal 22 Desember 1791, ia lahir di desa Newington Butts, Inggris. Ia merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Ayahnya bernama James Faraday, seorang pria yang bekerja sebagai pandai besi. Dikarenakan oleh kesulitan biaya hidup, maka Michael Faraday hanya mendapatkan pendidikan yang paling dasar pada masa kecilnya ( yang berarti ia tidak tahu tentang aljabar dkk...)

Michael Faraday ketika
masih muda
Pada umur 14 tahun, Michael bekerja magang pada seorang penjual dan penjilid buku lokal di London yang bernama George Riebau. Dalam masa magangnya, ia mendapatkan banyak akses ke berbagai buku pengetahuan, sehingga akhirnya ia bisa belajar dari buku-buku tersebut secara mandiri. Dalam waktu bersamaan, ia mulai tertarik pada sains, khususnya kelistrikan, ketika membaca buku-buku tersebut.

Pada tahun 1812, waktu ketika masa magangnya sudah hampir habis, ia mengikuti kuliah yang dibawakan oleh seorang ahli kimia Inggris yang bernama Humphry Davy dan juga seorang ilmuwan bernama John Tatum. Michael bisa mengikuti kuliah-kuliah yang dibawakan oleh mereka dikarenakan oleh William Dance, Penemu perkumpulan musik Inggris ( Royal Philharmonic Society ), yang dengan baik hati sering memberikan Michael tiket untuk mengikuti kuliah-kuliah tersebut.

Michael Faraday dan istrinya
Akhirnya pada tanggal 18 Juni 1821, Michael Faraday menikah dengan Sarah Barnard. Pernikahan mereka dilangsungkan di gereja Sandemanian. Namun sayang, tidak ada anak yang hadir di dalam mereka dari pernikahan tersebut.

Pada masa dewasanya, Faraday banyak membuat penemuan-penemuan sains yang spektakuler, terutama dalam kelistrikan dan kemagnetan. Penemuan terbesarnya dalam bidang ini adalah motor elektrik.
Selain motor elektrik , Faraday adalah orang yang menciptakan pembakar Bunsen, substansi kimia baru yang bernama Benzena, dan bersama sahabatnya John Daniell ia menciptakan bidang sains baru yang bernama elektrokimia, dan masih banyak lagi...

Faraday sedang membawakan kuliah di
Institusi Royal pada tahun 1856
Dalam kehidupan sosial, Faraday banyak memberikan kuliah kepada masyarakat London mulai dari tahun 1827 sampai pada tahun 1860. Dalam kuliahnya, ia selalu banyak mengadakan eksperimen-eksperimen yang menarik perhatian peserta kuliahnya. Kebanyakan mata kuliahnya menyangkut mengenai kimia.





Makam Michael Faraday
di Pemakaman Highgate, London
 
Michael Faraday meninggal di rumahnya pada tanggal 25 Agustus 1867 pada usia 75 tahun. Ia dimakamkan di Pemakaman Highgate, London. Banyak sekali penemuannnya yang menjadi dasar dari
dunia kelistrikan modern, namun hanya sedikit yang tahu akan
hal tersebut...








Berikut adalah video mengenai Michael Faraday...


Demikian postingan saya pada kali ini. Saya mohon maaf bila ada kesalahan dalam informasi atau kata-kata yang ada di dalam postingan ini. Bila ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Michael Faraday, kunjungilah website-website yang berisi ilmu pengetahuan seperti misalnya Wikipedia. SEKIAN dan TERIMAKASIH...

2 komentar :

Harap komen dengan penuh tanggung jawab dan sopan.....
Jangan spam di bagian komen blog ini !
Jangan mengiklankan hal-hal berbau porno di kolom komen !
Selamat berkomentar !